Home » » Root dan Unroot handphone Android

Root dan Unroot handphone Android


Peringatan! Root handphone Android pada dasarnya cukup aman untuk dilakukan, namun proses ini dikatakan dapat menghanguskan garansi dan karena satu atau lain hal, kesalahan bisa saja terjadi pada saat proses root yang menyebabkan handphone brick atau mati total, walau hal ini sangat jarang terjadi.

Kami tidak bertanggung jawab atas segala resiko atau kerusakan yang mungkin terjadi akibat poses root yang Anda lakukan.

Catatan: Bila ponsel menjadi rusak setelah dilakukan root, sebenarnya kemungkinan besar bukan diakibatkan proses root itu sendiri, namun akibat dari ponsel tersebut yang sebelumnya bermasalah.

Oleh karena itu, jika Anda baru membeli ponsel Android, disarankan jangan langsung di root, gunakanlah beberapa saat terlebih dahulu untuk memastikan handphone Anda berada dalam kondisi prima tanpa kerusakan.

Hmmm… setelah membaca peringatan diatas, sebagian pembaca mungkin maju-mundur atau berpikir dua kali untuk melakukan root :D Oleh karena itu, apabila anda masih puas dengan kondisi handphone atau tablet Android Anda saat ini, maka proses Root sebenarnya tidak perlu dilakukan. Keuntungan dan kerugian root dapat dilihat pada artikel berikut:


Masih penasaran? Berikut adalah cara rooting Android menggunakan aplikasi SuperOneClick, Universal Androot dan z4root.

Cara Root Android Menggunakan SuperOneClick:

Persiapan:

Unduh (download) terlebih dahulu driver untuk handphone Anda. Bila pada paket pembelian disertakan CD, biasanya driver terdapat pada CD tersebut. Untuk handphone Samsung, driver HP terdapat pada software Kies.
Unduh aplikasi SuperOneClick. Anda dapat mendownloadnya disini (Link Download terletak diatas form komentar)
Bila Komputer Anda menggunakan sistem operasi Windows XP, maka pada komputer Anda harus sudah terinstall Microsoft .NET Framework v2.0+ terlebih dahulu. Jika Anda adalah pengguna Windows Vista atau Windows 7, maka hal ini tidak perlu dilakukan (sudah terinstall).
Sebaiknya baterai handphone dalam kondisi terisi 70% keatas
Matikan antivirus di komputer sementara waktu
LEPASKAN SD card atau memory card terlebih dahulu.

Catatan: Proses root tidak akan menghapus data-data pada telepon, namun kami sarankan untuk memback up data-data yang penting terlebih dahulu.

Langkah-langkah root handphone Android:

Anda harus mengatur ponsel Android ke mode Debugging dengan cara masuk ke Settings (Pengaturan) > Applications (Aplikasi) > Development (Pengembangan) > centang USB debugging (Men-debug USB)


bagaimana cara root android

Android USB Debugging Mode

Hubungkan handphone Android Anda ke computer menggunakan kabel USB. Tunggu hingga handphone Anda terdeteksi di komputer dan pada bagian notification panel ponsel muncul indikator USB debugging mode aktif (ditandai dengan gambar tanda seru di dalam segitiga)

Ekstrak file SuperOneClick.zip menggunakan WinZip, WinRAR, 7-Zip, atau IZArc.

Jalankan aplikasi SuperOneClick.exe. Bila Anda adalah pengguna Windows 7 atau Vista, jalankan program dengan cara klik kanan mouse, lalu pilih “Run as administrator”


cara root android menggunakan superoneclick

Cara Root Android Menggunakan SuperOneClick

Klik Root

Tunggu hingga proses selesai (hanya memakan waktu beberapa menit)

Jika muncul notifikasi “Root files have been installed! Would you run a test?” Silahkan di klik Yes

Proses telah selesai :) Silahkan restart HP Android Anda.

Untuk mengembalikan ke kondisi awal, Anda cukup mengklik Unroot. Jika ini dilakukan + factory reset, otomatis garansi HP Anda berlaku kembali :)

Indikasi bahwa proses Rooting sudah berhasil adalah Anda akan menemukan aplikasi baru bernama Superuser. Jika Anda tidak dapat menemukan aplikasi Superuser, coba restart HP terlebih dahulu. Aplikasi ini berguna untuk mengontrol aplikasi yang membutuhkan akses root.

Dengan aplikasi ini anda dapat “mengijinkan” atau “tidak mengijinkan” aplikasi lainnya untuk mendapat hak masuk ke sistem Android. Setiap ada aplikasi yang meminta akses root akan di informasikan oleh Superuser, untuk mengijinkan Anda harus mengklik “Allow”.

Selain menggunakan aplikasi SuperOneClick, anda dapat juga menggunakan aplikasi Android seperti z4root atau Universal Androot. Dengan kedua aplikasi ini Anda dapat melakukan root langsung dari handphone tanpa memerlukan bantuan komputer.

Cara Root Android Menggunakan Universal Androot:

Install aplikasinya
Tunggu proses instalasi selesai
Masuk ke aplikasi Universal Androot
Klik root
Selesai :)
Jika ingin Unroot tinggal klik Unroot.

Cara Rooting Android Menggunakan z4root:

Caranya hampir sama dengan Universal Androot. Namun, Anda harus mengaktifkan mode debugging dahulu. z4root dapat melakukan root secara permanen maupun hanya temporary (sementara). Untuk mode temporary, HP akan kembali ke kondisi semula (Unroot) jika Anda merestart ponsel. Menurut pembuat aplikasi z4root, untuk mode temporary, aplikasi ini kompatibel hampir dengan semua merk handphone Android.

Menggunakan aplikasi z4root atau universal Androot memang relatif lebih mudah, hanya saja kompatibilitas kedua aplikasi ini tidak sebanyak SuperOneClick.

Demikianlah tutorial cara root Android persembahan harga-hp.com, selamat mencoba :)
sumer: harga-hp.com
Share this article :

WIDGETS

free counters
Diberdayakan oleh Blogger.

Random Post

Popular Posts

Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Muhtar Mas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger